Cahaya itu diatas cahaya…

Menerangi jalan menuju cinta-Nya



Sabtu, 24 November 2012

Celoteh Hazuan

Lucu, pengen ketawa, terharu, sedih, bersyukur...

Saya punya keponakan yang ngegemesiiin, namanya Hazuan. Hazuan lahir tepat satu hari sesudah saya wisuda 26 Agustus 2008. Hazuan yang berusia 4 tahun duduk di TK A tepatnya di sekolah TKIT Nashiru Sunnah. Hazuan tinggal di rumah kami sejak masuk TK. Di rumah ini tinggal Uan (saya memanggilnya), saya, andung, atuk dan ayahnya saja. Bunda dan adiknya Uan yang berumur 1 tahun lebih tinggal di Celancang 1 jam dari rumah kami. Saat liburan Uan senang sekali kalau  pulang ke Celancang. tapi libur week end kali ini Uan menghabiskan waktunya di rumah.

Kebetulan ayah Uan sedang berada di rumah dan tidak sedang dinas. Uan senang sekali karena kalau ada ayahnya Uan bisa dimandiin sama ayahnya. Kejadian sore itu membuat saya tersenyum. Tiba-tiba Uan mengajak ayahnya mandi, "ayah...ayah... Uan mau mandi."
"Iya, Uan masuk aja dulu ke kamar mandi ya terus gosok gigi, Uan bisa kan gosok gigi sendiri." kata ayah Uan yang sedang tertidur pulas, entah sadar atau tidak.
"iya ayah." Uan berlari ke kamar mandi.
"Ayah udaaaaah. Uan udah selesai gosok gigi. Ayaaaaah.....ayaaaaah...." Tidak ada jawaban, Uan terus memanggil ayahnya yang ternyata sedang tertidur pulas.
"Ayaaah udaaaah...!" Uan agak mengeraskan panggilannya.
Ayah uan respek langsung terbangun dan berkata "Uan mau ngapain sih sebetulnya?"
" Uan mau mandi terus solat ayah, solat maghrib." Jawab Uan polos.
Haaahaaaa....saya yang mendengar tersenyum lalu ketawa , secara saat itu waktunya solat Ashar. Subhanallah, Uan kok bisa spontan ngomong seperti itu tanpa pernah kami ajarkan.

Sebetulnya banyak celoteh-celoteh Hazuan yang bikin saya tersenyum, terharu da berharap semoga Hazuan bisa menjadi anak soleh taat sama Allah dan cinta sama Rasulullah.
Uan pernah berkata pada ayahnya, " Ayah...ayah... sholat ayah, ntar kalo gak solat Allahnya marah." Entah apa yang ada di dalam pikiran ayahnya kala mendengar itu.

Saat santai saya suka tanya,
"Tuhannya Uan siapa? Allah
kalau nabinya? Rasulullah Muhammad
Kitab sucinya Uan? Al-Qur'an
Kiblatnya Uan? Ka'bah"

Uan kecil juga udah bisa baca Al-Fatihah, An-nas, Al- Ikhlas, Al-Falaq dan beberapa do'a sehari-hari dengan lidahnya yang masih belum bisa jelas mengucapkan huruf 'R'.

Hazuan, tante sayaaaaaaaaaang banget sama Uan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar