Cahaya itu diatas cahaya…

Menerangi jalan menuju cinta-Nya



Minggu, 23 Oktober 2011

Sahabat Baru Saya


Bismillah..

Alhamdulillah setelah sekian lama ga ada yg lahiran akhirnyaaaa calon ibu datang
 *seneng bgt :) sambil observari pasien mau sambil cerita.

Saya baru punya kenalan sahabat kecil "Jouly" namanya. Baru beberapa hari tau dan kenal. Jouly sekarang usia 5tahun 9bulan, jouly diasuh sama ibu asuhnya yg biasa dipanggil bubu ciya yg usiany 19th dan sekarang lagi ngmbl Sp.A di Seoul National University. Saya manggil bubu ciya dg sebutan mba Odhi.. Sekarang mereka tinggal di youngin (kl g salah), korea. Jouly punya 1 kakak dan seorang adik namanya Mey.

Sepertinya cukup ya perkenalan singkatnya..

Subhanallah,saya ditakdirkan Allah swt utk bertemu dengan mereka smua dengan cara yg sederhana,via Fb. Pertama kenal sama mba Odhi karena nulis koment di dindingny ust.pizaro dan sebelumny mba odhie udah jadi sohib saya yeni.

Tahukah, saya "ditampar" secara halus melalui tulisan seorang anak yg belum genap usia 6 tahun..kalau di sejajarkn dengan anak Indonesia 5thn 9bl setara dengan anak TK nol besar. Pertama kali baca notesnya Jouly yang berjudul Birul Walidain. Jouly nulis tentang kesehariannya yang diasuh sama bubu. Bagamana Jul dan Mey diasuh,diajarkan mengenal Allah, diajar ngaji dan gimana mencintai Allah dan orang2 sekitarny. Dan luar biasanya Jul bisa mengambil memetik ayat2 Al-Quran&mgambil hikmah dari yg dilihat, di rasa dan yang djalani.

Jouly juga pernah nulis pandangannya tentang perdamaian,tentang aqidah,akhlak umat muslim dan saya membaca smua itu seperti bukan tulisan anak usia 6 tahun tapi seperti usia 17 th yg menulis esay ilmiah keagamaan dengan cara yg sederhana dan mengena. Saya bertanya dalam hati apakah anak ini dewasa sebelum waktunya? ataukah pola didikan ibu angkatnya yang membuat anak ini sangat dewasa berpikirnya? Luar biasa.

Jul,masih inget yang Jul tulis saat Bubu tidak marah waktu Mey gak sengaja pipisin hasil kaligrafi jul? Bubu ga marah&malah membacakan ayat Quran surat Lukman 14. Gmn bubu ngajarin Jul&Mey ngaji dsb. Smua itu bikin saya sadar kalo mendidik anak harus ad ilmunya,dipersiapkan sjak dini,bahkan ketika pernikahan itu belum terjadi. Bagaimana agar anak mengenal Allah,bagaimana anak mencintai Rasul2nya, bagaimana anak bisa dekat dan cinta dengan Quran, bagaimna kita bisa saling menghargai&menasihati dengan cara yg baik dan benar.

Trimakasi mb odhie, Jouly,mey yg solehah.. Saya banyak belajar dari kalian, smg Allah swt selalu sayang sama kita semua :)
================================================================================

Salah satu tulisannya Jouly, Birul Walidain:

Wa'budullaaha wa laa tusysyrikuu bihii syaian wabilwalidaini ihsaanaa
al birr artinya baik ahlaknya lawan kata dari al-uquuq menyiakan.

Orang tua, sungguh senang masih ada ibu dan bapak di tengah kalian. Bisa sarapan bareng,dhuha bareng,antar sekolah,di bawakan bekal,pulang sekolah di cium kening,di bimbing PR,di ajarin tahsin,shalat berjamaah,shalat qiyamulail,murojaah,di ajari masak,jahit,menata ruangan dan sebagainya.
Setiap kegiatan kalian ibu dengan tekun memantau,bahkan aku sering liat di facebook. Fhoto2 kalian di sekolah,video2 kalian beda dengan aku.

Namun,aku tidak berkecil hati.
Fabiayyi alaa i robbikumaa tukadzibann.

Ibuku sudah menghadap Allah,aku tinggal bersama ciciku anak dari kaka ibu,beliau harusnya masih SMA tapi karena kesempatan dari Allah,beliau tinggal 3tahun lagi lulus dari spesialis anak. Sudah cerita tentang cici yang aku panggil bubu ini.

Suatu saat aku tanpa sengaja mencubit adikku mey usia 2 tahun,karena aku kesal kaligrafiku di pipisin dia. Dia nangis dan kaka lelakiku ka day marah. Namun, bubu tidak marah malah minta maaf.
Aku bertanya:
bubu kenapa?
Bubu tidak bisa marah. Lalu bubu memberiku beberapa ayat:
surat lukman ayat 14
surat Al ahqaf ayat 15-16.

Lalu bubu pergi,tidak lama kemudian bubu bercerita:
di suatu desa ada seorang usia 5 tahun dia mengasuh adik usia 3 tahun,kalau adiknya rewel dan nangis sang ibu selalu marah-marah sama sang kaka, adiknya tidak mau makan,mandi,rewel selalu saja marah.
Suatu hari sang kaka menangis dan selalu cuek pada anak kecil. Dia bertingkah kaya jagoan. Dan dia tidak suka di rumah,cenderung pendiam. Suatu hari sang kaka bercerita pada gurunya" aku tidak betah di rumah karena apapun yang terjadi pada adik kaka selalu di marahin, aku takut harus dekat dengan adik" lalu guru memanggil sang ibu.

Kenapa ibu tidak adil?kata sang guru
saya tidak mengharapkan punya anak seperti dia yang penyakitan dan tidak jelas asalnya jawab sang ibu
tapi,dengan sikap ibu seperti itu!ibu merusak keduanya kata sang guru.
Ibu, tahu rasanya kehilangan!saya bertindak keras pada kakanya agar dia mandiri bisa jaga diri,tidak seperti adiknya yang penyakitan! Jawab sang ibu

ibu,tahukah kalu ibu sudah mental anak yang satunya lagi, tidak ada anak yang nakal bu,jika ibu di posisi sadar. Ambil si kecil ketika sudah berhenti nangis,dekati kakanya. Seberat apapun ujian yang menimpa orang tuanya jangan bawa dia ke dalam masalah sebelumanak perempuan usia 9 tahun dan laki laki 10 tahun.

Bubu tidak marah sama kamu,karena kamu tidak nakal sebenarnya kamu mau memberitahu sama mey,kalau kaligrafi kaka adalah isi dari ayat Al-Qur'an karena juli takut sama Allah,saking takutnya jadi lupa marah deh. Dari cerita di atas kamu mengertikan? Sembahlah Allah jangan menyekutukannya,dan berbuat baik pada orang tua. Jika aku sayang Allah dan ibu harusnya aku juga sayang mey.
Surga dunia itu bukan berupa fisik,harta,keterkenalan,kebanggaan tapi ketenangan hati yang iman. Aku baru tahu kalau yang namanya orang tua tidak hanya pada ayah dan ibu tapi orang yang sayang kita karena Allah dan membimbing kita.
Aku titip do'a untuk ibu tanpa ucapan hanya do'a dari kalian ya. Terutama yang masih punya ibu.
Jazakumullah khairan katshiron

2 komentar:

  1. tes...air mata ini menetes deras...hiks Odhie...Mey, Jouly kalian apa kabar?kangeennnn

    BalasHapus
  2. kemarin dapet kabar via inbok Odhi kena diare, Mey demam dan Baba jantungnya kambuh, Jouly Alhamdulillah baik udah pada mendingan kata Odhie.. minta doanya ya

    BalasHapus