Cahaya itu diatas cahaya…

Menerangi jalan menuju cinta-Nya



Rabu, 26 September 2012

ANALISA PAK JOKO


Lagi pengen nulis sesuatu yang ngalor ngidul dulu ya. pandangan saya tentang berita di panggung politik  kota Jakardahh, yang diakibatkan oleh bapak-bapak yang suka peke baju kotak-kotak.

Kenal sama yang namanya pak Joko dan pak Ahok? Mesti kalo yang hobi nontonin layar kaca tipi, layar kaca lepi, layar kaca hape udah kenalan sama dua nama itu via layar kaca :p

kedua bapak ini merupakan salah satu dari beberapa calon gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Pertama kali saya tau pak Ahok dari layar kaca berita saat itu pak Ahok ini lagi gencar di beritain berkaitan dengan daerahnya Bangka Belitung yang lagi naik daun dikarenakan promosi film laskar pelangi saat itu , secara pak Ahok ini bupati Babel. Muda dan idealis (dari kata2nya saat di wawancara) yaaa itu kesan saya pertama kali liat,

Kalo pak Joko alias pak Jokowi, saya tau beliau waktu gencar-gencarnya mobil rakitan salah satu SMK di kota Solo dan saat itu pak Walikota ini membuat terobosan menggunakan mobil bermerek Esemka ini untuk dipergunakan di jajaran pemerintahan kota Solo. Muda, membuat terobosan dan merakyat. Itu kesan pertama saya tau pak Joko. Saking penasarannya saya sempet ngubek-ngubek berita buat cari tau ada apa dengan pak Joko ini ko bisa booming begitu. Usut punya usut ternyata beliau pernah membuat kebijakan memindahkan lahan pedagang kaki lima di kota Solo tanpa kekerasan dan berjalan damai (sama-sama hepi), padahal selama ini yang kita tahu kalo masalah pemindahan lahan dengan pedangang biasanya diikuti dengan yang namanya rusuh ya walaupun gak semua. Trus pernah dinobatkan sebagai walikota terbaik entah itu di Asia atau di dunia (lupaa).

Setelah pak Joko dan pak Ahok ini mencalonkan diri sebagai gubernur, peta politiknya udah mulai kebaca nih. Hahay, saya udah mulai jadi pemerhati amatiran. Waktu masa kampanye Cagub ini berlangsung 5 besar saya pernah bilang ke abah ane “ bah, coba liat ya kalo kata nina kemungkinan besar jokowi nih yang bakalan jagi Gurbernur DKI Jakarta.” Dan  ini terbukti, karena dari awal maennya udah rapiiih, terprogram dan di setting dengan baik.

Kenapa saya bisa berkata seperti itu, ini evidence basednya (buka buku):
  1. Yang namanya politik itu ada tata cara maennnya, ada role-nya. Kalo yang udah pernah baca novel Indonesia Incorporated by Zaynur Ridwan pasti tau lah yaw. Disitu bisa ada candidate, komite, tim sukses, para konsultan, sponsor, serta yang bikin istimewa ada campur tangan “ORGANISASI” (klo bener “organisasi” ini ikutan maen ini nih nyang bikin syerem). Nah, kalo menurut saya nih naik daunnya nama pak Joko kurang lebih periode setahun lalu itu bisa karena ada campur tangannya orang-orang yang saya sebutkan itu. campur tangan komite, konsultan itu sangat penting, ada diagnosa untung rugi milih kandidat kalo udah fix sponsor siap money, buat mendukung nah tim sukses jadi sarana pengiklanan yang ampuh. pinjem bahasa kaskus sundul terus gan  ane kasih cendol (nah lho). Sejak mobil Esemka itu pak Joko makin down to earth, namanya juga makin booming.
  2. Pemilihan candidate Cagub dari tiap-tiap partai itu penentuannya gak sebulan dua bulan.. mainannya tahunan. Minimal satu tahun sebelum ia muncul udah mulai tuh di “poles-poles” kandidatnya biar makin "cantik dan ganteng", gak ding maksudnya gak fisiknya aja tapi yang utama track recordnya, salah satu contoh bahasa lembutnya terlarang untuk keluarga apalagi istri atawa anak-anaknya membuat sang ayah terperosok karena masalah sepele, program yang bagus-bagus sama terobosan-terobosan yang udah dibuat di ekspose terus .
  3. Peranan media itu penting, bahkan temen aye pernah bilang tuh kalau mau kuasai masa ya kuasai medianya. Gampang kok, kl udah kuasai media-nya apapun yang mau di tulis tentang kandidat yang di dukung mau yang sebagus-bagusnya tanpa cela, mau jatuhin lawan mainnya, mau naikin namanya, mau diinget terus namannya tampilin aja terus di tipi kayak iklan pasti tuh lama-lama nempel di kepala pemilih. Taukan contohnya, saya pernah nonton TV yang punyanya pak Paloh, weeeits setiap pencet tombol ke TV itu kok bapak itu lagi pidato terus hehe ya iyalah wong tipinya. 
  4. Perasaan saya, Saya nilai beberapa stasiun tipi kok kayaknya condong ke pak Joko ya… contoh misalnya dalam 1 minggu ada 30 berita tentang para candidate nah 10nya pak Joko 20 berita lainnya di bagi  sisa 4 kandidat lainnya. Ah, mungkin ini hanya perasaan saya saja J

Nah itu beberapa alasan seorang pemerhati amatir. Di atas itu yang bisa disimpulkan kenapa pak Joko akhirnya menjadi yang terpilih hehe…

Harapan saya, semoga DKI Jakarta bisa lebih baik, pak Joko klo ditanya wartawan tentang rencana kerja ke depannya sering banget ngomong “yang penting eksekusinya” (emang siapa yang mau di gantung pak? Heu..)

Saya bukan warga Jekardahh (baca Jakarta), tapi sebagai pusat ibu kota ya suri tauladan/ contoh yang baik kepada kota tetangga-tetanga yang dekat dan terjauhnya. Wokeh pak, selamat mengeksekusi !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar